February 21, 2024

Secara teknis ini bukan pertama kalinya kita melihat kembalinya Patrick Bateman. Film aslinya menerima sekuel langsung ke DVD pada tahun 2002 dengan Mila Kunis yang dibintangi “American Psycho II: All American Girl”, meskipun tidak pernah menemukan penonton seperti pendahulunya. Dalam film itu, Bateman sebentar kembali, kecuali sekarang dia diperankan oleh Michael Kremko, dan wajahnya dikaburkan hampir sepanjang waktu layarnya. 

Alih-alih monster Christian Bale yang mengancam dan menakutkan yang dimainkan dalam versi aslinya, dalam “American Psycho II”, Bateman pada dasarnya adalah catatan kaki yang tidak penting. Hanya beberapa menit memasuki film, dia dibunuh begitu saja di luar layar oleh seorang gadis berusia 12 tahun. Itu dia. Begitulah cara orang gila yang tidak tertekuk dan menggunakan gergaji mesin yang kita lihat telanjang, berlumuran darah, dan berteriak di lorong dalam “American Psycho” menemui ajalnya.

Belum ada kabar apakah ini akan menjadi kanon di komik mendatang. Faktanya, film yang akhirnya menjadi “American Psycho II” tidak pernah benar-benar dimaksudkan sebagai sekuel. Setelah kesuksesan film pertama, Lionsgate segera menindaklanjuti, menggunakan kembali naskah yang sudah ada sebelumnya berjudul “The Girl Who Wouldn’t Die” dan memaksa koneksi ke Bateman dan “American Psycho.” Perubahan itu terjadi begitu tiba-tiba sehingga bahkan Kunis pun tidak tahu dia membintangi sekuel sampai setelah keputusan dibuat.